Kronologi Ledakan Hancurkan Rumah dan Tewaskan Warga di Banyumas, Mirip Gempa

Peristiwa tragis terjadi di Grumbul Leler, Desa Randegan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Ledakan yang bersumber dari salah satu rumah warga menggemparkan warga sekitar. Dalam kejadian tersebut, satu orang meninggal dunia atas nama Bustomi (27).

Khoirul Muzaki
Selasa, 14 Juni 2022 | 21:45 WIB
Kronologi Ledakan Hancurkan Rumah dan Tewaskan Warga di Banyumas, Mirip Gempa
suara.com

PURWOKERTO.SUARA.COM, BANYUMAS-Peristiwa tragis terjadi di Grumbul Leler, Desa Randegan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas.  Ledakan yang bersumber dari salah satu rumah warga menggemparkan warga sekitar. Dalam kejadian tersebut, satu orang meninggal dunia atas nama Bustomi (27).

Ledakan itu memancing warga berlarian ke sumber suara. Warga mendapati rumah milik Sajam sudah hancur. Karena ledakan dahsyat itu, rumah milik Sobirin yang bersebelahan dengan rumah itu turut hancur.

Ketua RT RT 4/1, Desa Randegan, Kebasen, Banyumas, Sutopo sedang menyapu di halaman belakang rumah saat peristiwa itu terjadi. 

"Saya posisi lagi nyapu di belakang. Tiba-tiba ada suara ledakan saja sekitar jam 17.00 WIB lebih. Tidak tahu lokasi ledakan di depan malah," katanya, dikutip dari jateng.suara.com, Selasa (14/6/2022).

Mendengar suara keras itu, anaknya yang masih kecil seketika menangis hingga membuatnya panik. 
Ia mendapati depan rumahnya  sudah ramai warga yang ingin menyaksikan dampak kejadian. 

Berdasarkan informasi yang didapat, di rumah tersebut dihuni tiga orang, yakni Sajam dan istrinya serta anaknya bernama Bustomi. 

"Yang meninggal itu anaknya, namanya Tomi," jelasnya.

Ada warga yang mengaku merasakan getaran seperti gempa saat terjadi ledakan. 
Kepala Dusun 1 desa setempat, Umiyati (49) menduga sumber ledakan dari bahan petasan di rumah tersebut.

Ia yang tinggal kisaran 500 meter dari lokasi kejadian saja masoh mendengar suara ledakan itu.

"Terus saya ngecek lokasi masih ada kaya tungku menyala di belakang, kondisinya belakang rusak sekali," terangnya.

Dalam kesehariannya, Tomi bukan berprofesi sebagai penjual petasan.

News

Terkini

Perbuatan TP (51), warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sudah kelewat batas. Ia tega "menjual" istrinya kepada lelaki hidung belang.

News | 09:43 WIB

Bayi membutuhkan ASI secara ekslusif hingga berusia enam bulan. Ketika sudah menginjak enam hingga sembilan bulan, bayi butuh 70 persen ASI dan sisanya dipenuhi lewat makanan pendamping ASI.

Lifestyle | 09:29 WIB

Sebanyak 15 pelukis dari Kabupaten Purbalingga menunjukan kreativitasnya dalam melukis Panglima Besar Jenderal Soedirman di program Melukis Soedirman 2022.

Budaya | 07:43 WIB

Sebuah mobil pick up masuk jurang di Pudunan Jalan Werkit di Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Senin (8/8/2022).BPD Desa Cibeureum, Asep Rahmat mengatakan, akibat kejadian nahas ini, 7 orang meninggal dunia.

News | 23:26 WIB

Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi diketahui beberapa waktu lalu sudah mengundurkan diri dari jabatan Wakil Komisiaris Utama Bank Syariah Indonesia (BSI). Hal tersebut dikarenakan pada Sabtu (6/8/2022) lalu ia resmi didapuk menjadi Ketua Harian Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

News | 23:00 WIB

Tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendatangi Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat (Jabar), Senin (8/8/2022) siang. Kedatangan tersebut berkaitan dengan penanganan kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J atau Nopryansah Yosua Hutabarat beberapa waktu lalu.

News | 22:50 WIB

"Sejak minggu lalu kami sudah berkoordinasi dengan Timsus Polri terkait dengan Pak Ferdy Sambo. Akan tetapi, perkembangannya sekarang ada di Mako Brimob," kata anggota Komnas HAM RI, Mohammad Choirul Anam

News | 22:43 WIB

Sementara kasus dugaan pelecehan seksual terhadap Putri belum ada tersangka yang ditetapkan. Meskipun, klaim dari kuasa hukum laporannya sudah naik ke tahap penyidikan.

News | 22:32 WIB

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut saat ini sudah ada tiga tersangka pembunuhan Brigadir J.

News | 20:31 WIB

Satuan Reserse Kriminal Polres Cilacap berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku pembunuhan seorang ART yang terjadi di sebuah rumah di Jalan Jenderal Soedirman, Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

News | 20:30 WIB

Warga Kabupaten Banyumas yang kesehariannya berjualan ponsel melalui online tega menjual paksa istrinya secara sadar kepada lelaki hidung belang. Diduga motifnya untuk kepuasan seksual karena pelaku mengintip saat "main" di kamar rumahnya.

News | 20:08 WIB

Bahkan netizen Guntur Ady Sulistyo mengaku juga memiliki boneka kucing bewarna emas yang mirip dengan kepunyaan dukun tersebut.

News | 19:22 WIB

Tampak dukun itu meletakkan foto Pesulap Merah di atas tumpukan kembang bewarna merah dan putih (sesajen). Di sekitarnya juga penuh barang-barang perdukunan, yakni jimat, batu akik, keris, dan dupa.

News | 15:00 WIB

Pemkab Cilacap memamerkan sejumlah tosan aji atau pusaka tradisional dalam Jelajah Budaya dan Pameran Kepurbakalaan Tahun 2022 di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Sabtu 6 Agustus 2022 hingga Minggu 7 Agustus 2022. Tosan aji yang dipamerkan berupa keris dan mata tombak dari abad pertengahan.

Budaya | 14:09 WIB

Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, diduga korban pembunuhan di rumah Irjen Pol Ferdy Sambo ternyata punya nama panggilan tersendiri bagai temannya. Ini terungkap dalam surat Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, salah satu tersangka, untuk keluarga Brigadir J.

News | 13:42 WIB
Tampilkan lebih banyak