Pulihkan Biota Sungai Serayu Pasca Flushing, PT Indonesia Power Tebar 120 Ribu Bibit Ikan dan Sidat

PT Indonesia Power Unit Mrica Banjarnegara menebar 120 ribu bibit ikan air tawar di lima titik sungai yang bermuara di aliran Sungai Serayu. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memulihkan ekosistem endemik biota air tawar pasca flushing.

Rudal Afgani Dirgantara
Selasa, 14 Juni 2022 | 19:49 WIB
Pulihkan Biota Sungai Serayu Pasca Flushing, PT Indonesia Power Tebar 120 Ribu Bibit Ikan dan Sidat
Anang F

PURWOKERTO.SUARA.COM, BANYUMAS - Sebanyak 120 ribu bibit ikan air tawar disebar di lima titik sungai yang bermuara di aliran Sungai Serayu. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk pemulihan ekosistem endemik biota air tawar pasca flushing yang dilakukan PT Indonesia Power Unit Mrica Banjarnegara pada awal April lalu.

Kegiatan flushing atau pembukaan pintu air Waduk Mrica pada Bulan April lalu, menyebabkan puluhan ribu endemik ikan air tawar lemas dan mati karena air dalam kondisi bercampur lumpur. Salah satu daerah yang terdampak adalah Kabupaten Banyumas.

PIC Indonesia Power sekaligus komunitas fishing asal Sokaraja, Kuat Pujianto menjelaskan kegiatan penebaran benih ikan dilakukan di Kabupaten Banyumas dan Banjarnegara.

"Hari ini kita lakukan kegiatan tebir benih dengan rincian 50 ribu ikan tawes, 50 ribu ikan nila,serta 20 ribu sidat dan pelus. Ada di lima titik, Sawangan Kali Sapi di Klampok, Banjarnegara, lalu di Desa Suro aliran Kali Klawing, lalu di Desa Notog, Sungai Tenggulun dan Logawa, yang terakhir Sungai Tajum bawah Jembatan Menganti," katanya saat kegiatan pelepasan benih ikan di tepian Sungai Logawa, Kabupaten Banyumas, Selasa (14/6/2022).

Kuat sebelumnya meminta kepada PT Indonesia Power agar bertanggung jawab atas kematian puluhan ribu ikan akibat flushing. Jika dilihat dampaknya banyak sekali ikan yang mati sehingga mengganggu ekosistem biota Sungai Serayu.

"Memang harus secepatnya di rehabilitasi. Kita usahakan kepada Indonesia Power untuk bertanggung jawab. Sepengalaman saya, untuk pemulihan ekosistem seperti ini membutuhkan waktu tujuh tahun," jelasnya.

Pemulihan tersebut dilakukan secara bertahap, tidak bisa langsung dilakukan. Setidaknya setiap tahun diadakan restocking.

Dirinya merasa kesulitan untuk mencari bibit endemik Sungai Serayu, seperti Pelus Mamorata, Gabel Serayu, Baceman dan Ikan Sidat totol. Dengan adanya kejadian kemarin, dirinya berharap tidak akan terulang lagi.

"Kedepannya itu kami kepengin, flushing bukan jadi satu-satunya solusi. Alasannya force mageur. Tapi ya masa harus mengalahkan lingkungan di bawahnya. Apakah tidak ada penanganan sebelumnya dan cuma satu-satunya solusi? Mau bagaimana lagi ini sudah kejadian semoga tidak terulang," terangnya.

Sementara itu, General Manager PT Indonesia Power Unit Mrica Banjarnegara, Kuncoro mengatakan kegiatan ini berdasarkan masukan dari berbagai komunitas fishing.

"Kita bekerjasama dengan komunitas yang ada disini. Ikan jenis apa yang cocok untuk daerah sini. Dan kita juga mendapat arahan dari dinas, terus kita yang melakukan pembiayaannya," katanya.

Usai kejadian luar biasa pada Bulan April, pihak PT Indonesia Power Mrica sudah melakukan flushing sebanyak tujuh kali. Dari kegiatan tersebut semuanya masih dalam kondisi aman.

"Untuk saat ini kita sudah melakukan tujuh kali pembukaan. Dan itu kondisinya aman. Kemarin itu memang kondisi khusus dimana gunung yang ada di dalam itu runtuh. Ini mungkin early warning bagi kita semua bahwa erosi itu yang ada di atas perlu penanganan yang lebih baik," tuturnya.

Selain pelepasan bibit ikan, PT Indonesia Power Mrica Banjarnegara juga melakukan penanaman pohon di berbagai wilayah sebagai upaya untuk mengurangi dampak kerusakan alam. (Anang Firmansyah)

Caption : Relawan bersama PT Indonesia Power Mrica Banjarnegara melepas bibit ikan sebagai upaya pemulihan ekosistem endemik Sungai Serayu di Desa Notog, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, Selasa (14/6/2022). Suara.com/Anang Firmansyah

News

Terkini

Untuk mencetak lengger yang profesional dan bermertabat, Kabupaten Wonosobo menggelar Wisuda Lengger. Tahun ini, tahapan Wisuda Lengger angkatan ke-3 Rakanan Suro Giyanti 2022 telah dimulai.

Budaya | 12:08 WIB

hatsApp sedang membangun cara baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan aplikasi.

Lifestyle | 11:39 WIB

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB
Tampilkan lebih banyak