Nirina Zubir Curhat Mafia Tanah ke Menko Polhukam

Nirina Zubir curhat atas persoalan tanah yang dia hadapi, serta sejumlah kasus yang menyebabkan masyarakat sebagai korban dari ulah mafia tanah.

Khoirul Muzaki
Minggu, 05 Juni 2022 | 11:16 WIB
Nirina Zubir Curhat Mafia Tanah ke Menko Polhukam
humas Menkopolhukam

PURWOKERTO.SUARA.COM,  Seorang artis yang menjadi salah satu korban mafia tanah, Nirina Zubir menyambangi kantor Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam), Mahfud MD di Jakarta Puasat, pada Jumat (3/6). 

Nirina Zubir curhat atas persoalan tanah yang dia hadapi, serta sejumlah kasus yang menyebabkan masyarakat sebagai korban dari ulah mafia tanah.

"Hari ini saya senang, sebagai warga, bisa mengeluarkan keluh kesah untuk berbicara langsung kepada Pak Mahfud dan mencari titik terang di dalam kasus mafia tanah yang sedang ramai saat ini," ujar Nirina Zubir usai bertemu Menko Mahfud MD.

Ia menjelaskan, sebagai warga masyarakat yang buta hukum dan tidak pernah berurusan dengan hukum sebelumnya, meminta pencerahan kepada Mahfud MD. khususnya, terkait rencana pembentukan tim lintas kementerian yang akan melakukan penilaian atas kasus-kasus pertanahan yang bermasalah, khususnya yang sudah berkekuatan hukum tetap.

"Tadi aku minta pencerahan dari Bapak (Mahfud MD), ini tim yang baru dibentuk bagaimana, bedanya dengan sebelumnya dengan satgas mafia tanah bagaimana, ternyata ini lebih intensif lagi. Jadi, Buat kami lumayan menenangkan lah ya, karena kami korban-korban ini kan gak tahu apa lagi yang harus dilakukan," jelas Nirina. 

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud MD menjelaskan, laporan korban mafia tanah sangat banyak yang ia terima, namun urusannya menjadi tidak mudah. Oleh sebab itu, Mahfud meminta para pihak terkait serta para penegak hukum agar berhati-hati dalam mengambil keputusan. 

"Banyak sekali laporan yang masuk. Ada juga yang sudah tinggal diatas lahan itu turun-temurun, tiba-tiba diusir karena disitu mau dibangun apartemen oleh pengembang. Padahal dia tidak merasa menjual tanahnya, lalu mengadu malah dia diusir," ujarnya. (AKF)

News

Terkini

Persis Solo akhirnya memutus rantai kekalahan di awal musim kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 usai menang 1-0 atas tuan rumah Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (19/8/2022) sore.

Sport | 21:15 WIB

Kang Seung Yoon member dari boy grup Winner tertangkap kamera tengah bergandeng tangan bersama artis Moon Ji hyo di jalanan Kota Seoul

Lifestyle | 20:21 WIB

Manajemen Persib Bandung menunjuk Luis Milla sebagai pelatih menggantikan Robert Rene, pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Sport | 20:16 WIB

Girl Grup terbaik saat ini BlackPink melakukan comeback dengan merilis 2nd full-length album yang bertajuk Born Pink. Comeback BlackPink kali ini akan menjadi comeback pertama kalinya sebagai grup setelah How You Like That pada 2020 lalu.

Lifestyle | 20:16 WIB

Bank Indonesia (BI) mengadakan Festival Rupiah Berdaulat Bank Indonesia (FERBI) 2022 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada 19-21 Agustus 2022.

News | 16:37 WIB

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Purwokerto mulai melayani penukaran uang baru emisi 2022 di Alun-alun Purwokerto, Jumat 19 Agustus 2022.

News | 16:28 WIB

Penyidik Bareskrim Polri bakal menyerahkan berkas perkara 4 tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yoshua hari ini, Jumat (19/8/2022). Empat tersangka itu meliputi, Irjen Pol Ferdy Sambo, Bharada RE, Bripka RR, dan KM.

News | 16:20 WIB

Penyidik Timsus Polri menetapkan enam tersangka baru kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Brigadir Yosua. Mereka antara lain para perwira Polri yang diduga terlibat dalam upaya menghalangi penyidikan.

News | 15:50 WIB

Penyidik Timsus Polri menyerahkan berkas perkara empat tersangka pembunuhan berencana Brigadir J ke Kejaksaan Agung pada Jumat, 19 Agustus 2022. Pelimpahan tahap pertama ini dilakukan usai konferensi pers pengumuman tersangka baru kasus Brigadir J, yaitu Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo.

News | 15:33 WIB

Mohon maaf sebesar-besarnya karena kekurang-tidaktahuan saya, ketidakpahaman saya, di balik nama Joko Tingkir sosok ulama besar dan dihormati di Jawa.

News | 15:19 WIB

Timsus Polri menetapkan Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo, sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua, Jumat 19 Agustus 2022.

News | 15:02 WIB

Joko Tingkir merupakan Raja atau Sultan Kesultanan Pajang yang memiliki nama lain Sultan Hadiwijawa atau Mas Karebet. Jika ditilik leluhur dari Presiden Jokowi, ternyata sangat berkaitan dengan peperangan dan kekalahan Kesultanan Pajang saat Joko Tingkir berkuasa.

News | 13:56 WIB

Saat ini Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, sedang dipersiapkan untuk melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi umroh pada November 2022.

News | 12:16 WIB

Menko Polhukam RI, Mahfud MD beberapa waktu lalu membeberkan informasi yang menggemparkan. Menurutnya, ada sekelompok orang yang ingin menghambat proses penyelidikan terkait dengan kasus pembunuhan Brigadir J

News | 11:51 WIB

Kabar gembira kepada Tim U-16 Indonesia yang menjadi juara Piala AFF U-16 2022. Dikarebakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memberikan bonus Rp 1 miliar.

Sport | 11:47 WIB
Tampilkan lebih banyak