Mantan Walikota Yogya Haryadi Suyuti Ditetapkan Tersangka Kasus IMB Apartemen

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menetapkan empat orang tersangka terkait pengurusan izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk pembangunan apartemen Royal Kedaton yang berada di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta.

Khoirul Muzaki
Jum'at, 03 Juni 2022 | 20:27 WIB
Mantan Walikota Yogya Haryadi Suyuti Ditetapkan Tersangka Kasus IMB Apartemen
Mantan Walikota Yogya Haryadi Suyuti Ditetapkan Tersangka Kasus IMB Apartemen

PURWOKERTO.SUARA.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menetapkan empat orang tersangka terkait pengurusan izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk pembangunan apartemen Royal Kedaton yang berada di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, pihaknya dalam kasus tersebut telah mengamankan uang dalam pecahan mata uang Dollar Amerika sebesar 27.258 US Dollar. 

"Pemberi berinisial ON (Oon Nusihono), Vice Presiden Real Estate PT SA Tbk. Kemudian yang menerima ada tiga orang, pertama adalah HS ( Haryadi Suyuti) Walikota Yogyakarta dua periode 2012-2016 dan 2017-2022. Kedua NWH (Nurwidhihartana) Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP. Ketiga TBY (Triyanto Budi Yuwono) sekretaris pribadi merangkap ajudan HS," ujarnya dalam konferensi pers di gedung KPK yang juga disiarkan secara live streaming pada Jumat (03/06/2022) sore. 

Alexander menerangkan, konstruksi perkara diduga telah terjadi perkara tindak korupsi sebagai berikut, pada tahun 2019 ON selaku Vice Presiden Real Estate PT SA Tbk melalui Dandan Jayaka selaku Dirut PT JOP, yang mana JOP adalah anak usaha dari PT SA.

Mereka mengajukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk pembangunan apartemen Royal Kedaton yang berada di kawasan Malioboro Yogyakarta ke Dinas Penanaman Modal dan PTSP.

Proses pengajuan izin kemudian berlanjut di 2021, untuk memuluskan pengajuan tersebut ON dan Dandan Jaya diduga melakukan pendekatan dan komunikasi intens dengan HS. HS kala itu masih menjadi Wali Kota Yogyakarta, KPK menyebut diduga ada kesepakatan antara HS dan ON.

"Kesepakatan itu antara lain HS berkomitmen akan selalu mengawal permohonan izin IMB dengan memerintahkan Kadis PUPR Pemkot Yogyakarta untuk segera menerbitkan izin IMB," jelas Alexander.

Ia meneruskan, pada waktu yang bersamaan juga disertai dengan pemberian sejumlah uang selama proses pengurusan izin berlangsung. Dari hasil penelitian dan kajian Dinas PUPR ditemukan adanya beberapa syarat yang tidak terpenuhi yaitu ada ketidaksesuaian dasar aturan pembangunan khusus soal tinggi dan posisi derajat kemiringan dari ruas jalan.

"HS yang mengetahui ada kendala tersebut, kemudian menurunkan surat rekomendasi yang mengakomodir permohonan ON dengan menyetujui batasan tinggi bangunan 
maksimal sehingga IMB dapat diterbitkan," ucap Alexander.

Pada aturan di wilayah cagar budaya, dimana apartemen itu dibangun sesuai Peraturan Daerah (Perda) adalah 32 meter. Akan tetapi, yang diajukan oleh ON tinggi apartemen itu adalah 40 meter.

"Selama proses penerbitan IMB itu diduga disertai dengan penyerahan uang secara bertahap minimal sebesar Rp50 Juta dari ON ke HS melalui TBY," pungkas Alexander. (AKF)

News

Terkini

Rentetan hasil buruk yang dialami oleh Manchester United tidak mengurungkan niat Jim Ratcliffe Miliarder asal Inggris dan Pemilik INEOS Group untuk membeli setan merah. Bahkan Jim dipastikan menjadi calon pembeli terkuat Manchester United jika raksasa sepak bola Inggris itu jadi untuk dijual ke pasa

Sport | 13:28 WIB

Setelah resmi keluar dari Fromis_9, Lee Gyuri dikabarkan telah bergabung ke dalam agensi Just Entertainment.

Lifestyle | 13:18 WIB

PSIS Semarang akan melakoni laga pekan kelima BRI Liga 1 2022/2023 melawan Persik Kediri di Stadion Jatidiri, Kota Semarang pada Kamis 18 Agustus 2022 pukul 16.00 WIB.

Sport | 10:36 WIB

Replika tas gunung atau carrier raksasa dipajang di Gedung Sate Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/8/2022). Replika tas setinggi 2,6 meter dan memiliki volume 1.945 liter tersebut berhasil memecahkan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada momentum HUT Ke-77 RI.

Lifestyle | 10:07 WIB

Banyuwangi memang kota musisi, beragam genre musik tumbuh di Bumi Blambangan Banyuwangi. Terbaru penyanyi cilik asal Srono Banyuwangi, Farel Prayoga sukses menggoyang seisi Istana Merdeka pada Peringatan HUT RI Ke-77, Rabu 17 Agustus 20222.

Lifestyle | 21:56 WIB

Ronny Berty Talpesy, penasihat hukum Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J, mengatakan ia dan kliennya siap menghadapi gugatan yang dilayangkan pengacara Deolipa Yumara.

News | 21:53 WIB

FIFA meluncurkan logo resmi Piala Dunia FIFA U-20 2023 Indonesia tepat pada HUT ke-77 RI, Rabu 17 Agustus 2022. Peluncuran dilakukan sembilan bulan sebelum bintang-bintang lapangan beraksi memperebutkan gelar juara.

Sport | 21:27 WIB

Pejuang kemerdekaan Republik Indonesia pernah bermarkas di Desa Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga, tepatnya di rumah H. Kusmawireja. Rumah yang berada di antara kebun rindang di Dusun IV RT. 18 RW. 08 Desa Karangcegak itu nampak asri di kaki Gunung Slamet.

News | 21:00 WIB

Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan korban yang sebelumnya tenggelam di Sungai Parid Desa Ujungmanik Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

News | 20:41 WIB

Tak parani tak tuturi sing apik. Nek ora gelem.. tapuki lambene,(aku hampiri nanti aku nasehati yang baik. Kalau gak mau, tapuk mulutnya)

News | 20:19 WIB

PT Pertamina (Persero) memusatkan upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan Donan komplek Head Office PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Rabu (17/8/2022). Upacara bendera melibatkan siswa-siswi SLB Cilacap sebagai pengibar bendera, tim paduan suara.

News | 20:16 WIB

Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan dihadiri Ustas Abu Bakar Ba'asyir, Rabu (17/8/2022).

News | 19:35 WIB

Kritik keras terhadap lagu itu juga disampaikan ulama PBNU KH. Ahmad Muwafiq atau akrab disapa Gus Muwafiq. Ia tak terima tokoh yang menurunkan ulama-ulama besar dan raja di Jawa itu diparodikan menjadi lagu dangdut.

News | 18:02 WIB

Pada pelaksanaan Upacara HUT Ke-77 RI di Istana Negara, Rabu, 17 Agustus 2022, Penyanyi cilik asal Banyuwangi, Farel Prayoga berhasil menghibur seluruh peserta upacara dan undangan yang hadir.

Lifestyle | 17:23 WIB

Jokowi juga menanyakan kepada Farel tentang sekolahnya. Tak luput, Orang nomor satu di Indonesia itu memberikan pesan kepada Farel.

News | 17:02 WIB
Tampilkan lebih banyak