Kenangan Manis Jokowi Terhadap Almarhum Buya Syafii Maarif

Hari Jumat (27/05/2022) pukul 10.15 WIB, Buya Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, DI. Yogyakarta.

Khoirul Muzaki
Sabtu, 28 Mei 2022 | 06:34 WIB
Kenangan Manis Jokowi Terhadap Almarhum Buya Syafii Maarif
IG Jokowi

SUARAPURWOKERTO.ID, Hari Jumat (27/05/2022) pukul 10.15 WIB, Buya Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, DI. Yogyakarta.

Syafii Maarif dikebumikan di Pemakaman Khusnul Khotimah, Kulon Progo. Sebelum diberangkatkan ke pemakaman sore
tadi, jenazah dishalatkan di Masjid Gedhe
Kauman. 

Presiden RI, Joko Widodo menyempatkan melayat ke Yogyakarta dan melaksanakan shalat jenazah di Masjid Kauman. Hal itu diinformasikan dalam Instagram resmi Presiden RI @Jokowi. 

"Buya Syafii telah pergi, tetapi almarhum tetap hidup dalam ingatan kita sebagai guru bangsa yang sederhana. Buya Syafii adalah kader terbaik Muhammadiyah yang selalu terdepan dalam memberi contoh dan keteladanan, toleransi dalam keberagaman, serta selalu menyampaikan pentingnya Pancasila bagi perekat bangsa," lanjutnya dalam akun IG tersebut.

Presiden Jokowi berharap, almarhum Buya Syafii diberikan tempat yang terbaik disisNya dan semua yang ditinggalkan senantiasa mengingat keteladanan yang telah dijalankan almarhum semasa hidupnya.

Pada postingan sebelumnya, Presiden Jokowi juga menerangkan, bahwa dua bulan lalu, dirinya datang menjenguk Buya Syafii di kediamannya di Kabupaten Sleman, DI. Yogyakarta, saat baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. 

"Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafi," ujar Jokowi.

Ia menulis, atas nama pemerintah, rakyat Indonesia, Jokowi menyampaikan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Buya Syafii. 

"Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni kesalahannya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah. Selamat jalan Sang Guru Bangsa," pungkasnya.

News

Terkini

Performa Manchester United jeblok saat menghadapi Brenford Minggu (14/8/2022).MU kalah dengan cara sangat tragis. MU dibantai habis oleh Brentford dengan skor telak 4-0.

Sport | 06:57 WIB

Era motor listrik yang makin dekat menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) logam di wilayah Kabupaten Purbalingga. Namun era itu sekaligus melahirkan peluang baru industri motor listrik yang menjanjikan. Yogi Prastowo, seorang pemuda asal Desa Gembong Purbalingga

Lifestyle | 22:40 WIB

Dusun Kuwarisan, Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Jawa Tengah kembali menggelar tradisi Ingkungan, sebuah kkhtiar merawat harmoni dan spiritualitas masyarakat desa.

Budaya | 21:35 WIB

Banjir bandang yang terjadi di Desa Kadongdong-Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, Garut, Jawa Barat akibat luapan sungai tak sampai menerjang kawasan permukiman warga.

News | 20:58 WIB

pengungkapan skenario palsu geng Ferdy Sambo ini menjadi momentum untuk membongkar skenario palsu lain yang mungkin dilakukan oknum polisi pada peristiwa lain sebelumnya.

News | 20:48 WIB

Nicholas Saputra kembali menampilkan kepiawaiannya dalam berakting lewat film Sayap Sayap Patah. Beradu peran dengan Ariel Tatum, Nicholas Saputra berperan sebagai anggota Densus 88

Lifestyle | 19:10 WIB

Ia pun memastikan pihaknya sedang memeriksa semua penyidik yang bertanggung jawab atas dua laporan tersebut..

News | 18:49 WIB

Izinkan saya bertanggung jawab atas segala perbuatan yang telah saya perbuat

News | 18:17 WIB

Persib Bandung meraih kemenangan perdana pada pekan ke-4 BRI Liga 1 di Stadion Glora Bandung Lautan Api, Bandung pada Sabtu, 13 Agustus 2022. Persib meraih kemenangan 2-1 atas tamunya PSIS Semarang.

Sport | 17:57 WIB

Cara yang dapat dilakukan untuk mengirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan nomor

Lifestyle | 17:11 WIB

Lionel Messi saat di Barcelona selalu masuk nominasi pemenang Ballon d'Or, tetapi 2022 ini masuk 30 besar nominasi pun tidak. Hal tersebut dianggap karena jebloknya performa pemain Timnas Argentina itu di musim pertama bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Sport | 15:14 WIB

Penyidik Timsus Polri mengumumkan empat tersangka kasus pembunuhan Brigadir, satu di antaranya Bripka RR. Ibu Bripka RR sangat terpukul mendengar putra kebanggaannya jadi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J.

News | 15:13 WIB

Indonesia SDGs Action Awards adalah penghargaan atau apresiasi Pemerintah Indonesia kepada para pihak yang telah menunjukan kinerja terbaiknya dalam bentuk aksi-aksi nyata yang berdampak untuk mendukung pencapaian target-target SDGs.

News | 15:07 WIB

sebagai anak kandung Nahdlatul Ulama (NU), IPNU dan IPPNU adalah elemen penting dalam membangun persatuan dan menjaga wasathiyah Islam, atau Islam yang terbuka. Karena NU adalah penyangga terkuat dari NKRI.

News | 14:59 WIB

Polri menghentikan penyidikan kasus atas dua laporan yang dituduhkan kepada Brigadir J.Padahal dua laporan yang masuk ke Polres Jakarta Selatan itu sudah masuk tahap penyidikan sebelumnya.

News | 14:48 WIB
Tampilkan lebih banyak