Fakta Baru Misteri Jejak Harimau di Banjarnegara, BKSDA Turun Tangan

satwa jenis Harimau, Macan dan Kucing, jejak kaki yang ditinggalkan tidak memunculkan bentuk kuku.

Rudal Afgani Dirgantara
Sabtu, 28 Mei 2022 | 16:09 WIB
Fakta Baru Misteri Jejak Harimau di Banjarnegara, BKSDA Turun Tangan
BKSDA

SUARAPURWOKERTO. ID, Warga Desa Sawangan dan Desa Kecepit Banjarnegara sempat digegerkan dengan kemunculan satwa diduga harimau yang berkeliaran di kebun petani.  Dari informasi yang beredar, harimau itu berjumlah 4 ekor, 1 ekor induk dan 3 anakan. 
Kades Sawangan April Kurnianto mengatakan, dari informasi warga, hewan diduga harimau itu diketahui berkeliaran  di perbatasan Alas Sigombal Desa Kecepit dengan Alas Penawaren Desa Sawangan. 

Petani setempat mengetahui keberadaan predator itu tanpa sengaja. Seorang petani mulanya biasa saja beraktivitas di kebun. 
Namun suara hewan menggeram di balik semak membuatnya panik. Ia memutuskan menoleh untuk memastikan suara apa yang dia dengar. Alangkah kagetnya, ia melihat sosok Raja Hutan muncul di semak-semak lahan. 
Ternyata bukan satu warga saja yang melihat penampakan Harimau.  Beberapa warga, kata dia, pernah melihat harimau di lokasi sama, namun pada waktu atau hari yang berbeda. 
Pihaknya meninjau langsung lokasi kejadian dan menemukan bekas tapak kaki hewan di jalan setapak sawah (galenagan). Diduga itu tapak kaki harimau.

Berita kemunculan harimau di Banjarnegara ini direspon Balai Konservasi dan Sumber Data Alam (BKSDA) Jateng yang ikut turun ke lapangan. 
BKSDA terjun melakukan investigasi, termasuk mengonfirmasi warga yang sempat melihat satwa itu. Tim juga jejak telapak kaki hewan di areal sawah yang sempat diduga tapak kaki harimau. 

Kepala Balai KSDA Jawa Tengah Darmanto dalam keterangan tertulisnya mengatakan, hasil diskusi bersama Direktur Peduli Karnivor Jawa Didik Raharyono, dengan bukti di lapangan, tapak kaki hewan hasil verifikasi lapangan dianggap tidak sama dengan jejak tapak kaki jenis keluarga kucing (Harimau maupun Macan Tutul). 

Ia menjelaskan, satwa jenis Harimau, Macan dan Kucing, jejak kaki yang ditinggalkan tidak memunculkan bentuk kuku. 

"Pada saat berjalan, kuku tersimpan masuk ke dalam kantong kuku yang ada pada kaki harimau, " katanya, Sabtu (28/5/2022) 

Namun berbeda dengan satwa karnivora lain misalnya Anjing Hutan, Ajag atau keluarga anjing lainnya. Kuku satwa jenis itu tidak tersimpan ke dalam. Sehingga apabila ada rekam jejak tapak kakinya, kuku tetap muncul. 

Dengan melihat karakteristik jejak tapak kaki karnivora itu, pihaknya menganalisa jejak tapak kaki hewan yang sempat diduga harimau di Kecamatan Punggelan, Banjarnegara. 

"Berdasarkan hasil cetakan jejak tapak kaki yang dijumpai di lokasi menggunakan gypsum, terlihat adanya rekam jejak kuku, " katanya
Namun warga pun tidak bisa memastikan apakah jejak tapak kaki hewan yang ditemukan itu adalah jejak kaki hewan mirip Harimau yang mereka lihat. 

News

Terkini

Untuk mencetak lengger yang profesional dan bermertabat, Kabupaten Wonosobo menggelar Wisuda Lengger. Tahun ini, tahapan Wisuda Lengger angkatan ke-3 Rakanan Suro Giyanti 2022 telah dimulai.

Budaya | 12:08 WIB

hatsApp sedang membangun cara baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan aplikasi.

Lifestyle | 11:39 WIB

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB
Tampilkan lebih banyak