Sadis, Remaja di Kebumen Bunuh Gadis Bawah Umur Setelah Disetubuhi

Kasus pembunuhan terhadap gadis di bawah umur sebut Gadis X (14) warga Kecamatan Sruweng, yang belakangan viral kini telah terungkap.Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin dalam keterangan pers, ada dua tersangka yang berhasil diamankan, yakni teman korban inisial RK (17), dan HS (15) keduanya warga Ke

Khoirul Muzaki
Minggu, 22 Mei 2022 | 12:10 WIB
Sadis, Remaja di Kebumen Bunuh Gadis Bawah Umur Setelah Disetubuhi
Polres Kebumen

SUARAPURWOKERTO.ID, KEBUMEN- Kasus pembunuhan terhadap gadis di bawah umur sebut Gadis X (14) warga Kecamatan Sruweng, yang belakangan viral kini telah terungkap.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin dalam keterangan pers, ada dua tersangka yang berhasil diamankan, yakni teman korban inisial RK (17), dan HS (15) keduanya warga Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. 

"Kedua tersangka yang telah diamankan ini adalah teman korban. Satu tersangka dominan RK, dia yang mengeksekusi korban," jelas AKBP Burhanuddin saat konferensi pers, Jumat (20/5).

Dijelaskan AKBP Burhanuddin, aksi pembunuhan dilakukan pada hari Sabtu (14/5) sekitar pukul 03.30 WIB karena kesal dengan perkataan korban kepada tersangka.

Korban dibunuh setelah disetubuhi tersangka di sebuah ladang, di Desa Kaliputih, Kecamatan Alian Kebumen.

Korban dibunuh dengan cara dijerat pada bagian leher dengan tali jaket hingga lemas, selanjutnya diinjak sampai meninggal dunia.

"Setelah memastikan korban meninggal, sepeda motor korban berikut handphone diambil oleh tersangka," ungkap Kapolres Kebumen.

Untuk menghilangkan jejak, tersangka RK meminta bantuan HS untuk mempreteli tanda nomor kendaraan bermotor (plat nomot) dan berencana mengganti warna cat honda beat milik korban agar tidak mudah dikenali.

Sepeda motor korban selama masa persembunyian disimpan di rumah orang tua HS. 

Tersangka RK sempat melarikan diri ke Kabupaten Magelang karena takut setelah melihat viralnya penemuan mayat korban di media sosial.

"Ya takut Pak, takut ditangkap. Saya bersembunyi di Magelang. Selanjutnya saya memutuskan pulang, karena saya panas, kaki saya infeksi pada bagian tungkai kaki kanan, luka saat menganiaya korban," kata tersangka RK.

Para tersangka ditangkap oleh Resmob Polda Jateng bersama Unit Resmob Sat Reskrim Polres Kebumen di daerah Kabupaten Wonosobo pada hari Rabu (18/5) sekitar pukul 21.00 WIB. 

Kepada polisi, para tersangka telah mengakui perbuatannya di hadapan penyidik Sat Reskrim Polres Kebumen. 

Viral penemuan mayat gadis tanpa identitas


Sebelumnya Penemuan mayat perempuan tanpa identitas kejutkan warga Desa Kaliputih, Kecamatan Alian, Kebumen. 

Mayat tersebut memiliki ciri rambut ikal pendek, tinggi badan kurang lebih 155 Cm, serta memiliki kulit kuning langsat, dan diperkirakan antara usia 14-16 tahun.

Mayat pertama kali ditemukan di sebuah pekarangan oleh warga Desa Kaliputih saat mencari rumput sekitar pukul 10.00 WIB, hari Sabtu (14/5/2022).

Mayat berhasil teridentifikasi setelah anggota keluarga mengecek ke Polres Kebumen, karena melihat kabar viral penemuan gadis tanpa identitas di media sosial. 

Awal mula perkenalan tersangka dengan korban:
Kepada penyidik, tersangka RK mengaku kenal dengan korban pada awal tahun 2022 melalui Facebook. Selanjutnya keduanya bertukar nomor whatsapp dan inten saling berkomunikasi.

Awal mula pertemuan, dilakukan keduanya sekitar 3 hari sebelum terjadi pembunuhan itu. Keduanya memutuskan bertemu di Alun-alun Kebumen.

"Kasus ini menyangkut anak-anak di bawah umur. Kami berpesan kepada para orang tua untuk lebih mengawasi anaknya, dengan siapa ia bermain, dengan siapa ia bermedsos. Kita sebagai orangtua harus tahu,"  imbau Kapolres agar kasus serupa tidak lagi terjadi. 

Kini tersangka dijerat dengan pasal 76C Jo pasal 80 ayat (3) UU RI No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang telah dirubah dan ditambah dengan UU RI No. 17 Tahun 2016 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 1 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU RI No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang-Undang. 

Sanksi bagi orang yang melanggar pasal di atas (pelaku kekerasan/peganiayaan) ditentukan dalam Pasal 80 ayat 3 UU 35/2014 “Dalam hal Anak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mati, maka pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan/atau denda paling banyak 3 miliar Rupiah.

News

Terkini

Tim U-16 Indonesia memastikan tiket ke semifinal setelah pada laga terakhir Grup A Piala AFF di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu malam 06 Agustus 2022 dangan menundukkan Vietnam 2-1

Sport | 21:34 WIB

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi optimis penerbangan akan kembali ramai usai Pandemi Covid-19 mereda dan didukung adanya sejumlah

News | 20:39 WIB

Seorang Asisten Rumah Tangga ditemukan tak bernyawa di rumah tempatnya bekerjadi Jl Jendral Sudirman,Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Minggu, 7 Agustus 2022 pukul 05.40 WIB.

News | 20:11 WIB

Pemilihan Ketua RT di RT 02 RW 13 Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng berlangsung meriah di TK Diponegoro Beji pada Minggu, 7 Agustus 2022.

News | 15:51 WIB

Fitur login approval akan memberi peringatan ke pengguna asli apabila akunnya diakses oleh orang lain.

Lifestyle | 15:45 WIB

Penelitian menemukan sebanyak 56 persen ibu menyusui merasa tidak bahagia dengan proses memberikan ASI. Para ibu hanya melakukannya karena sebuah kewajiban yang harus dilakukan.

Lifestyle | 09:47 WIB

Kali ini YouTube menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna Android melakukan zoom atau memperbesar video di layar, bahkan dalam mode lanskap.

Lifestyle | 09:31 WIB

Seperti yang diketahui, saat ini foto yang diunggah di Instagram akan memiliki ukuran 4:5 gambar vertikal yang telah dipangkas. Tetapi dengan memperkenalkan fitur untuk foto 9:16 yang lebih ramping dan tinggi, itu akan membantu pengguna memenuhi seluruh layar saat menggulir feed aplikasi.

Lifestyle | 09:18 WIB

Isus menemukan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Irjen Pol Ferdy Sambo atas penanganan TKP penembakan Brigadir J di ruma dinas Kadiv Propam Polri. Sambo kini ditempatkan di Mako Brimob.

News | 07:30 WIB

Sebelumnya, sejumlah anggota Brimob Polri berseragam loreng dikabarkan berada di Mabes Polri dan meninggalkan lokasi sore tadi, Sabtu (6/8/2022).

News | 23:12 WIB

Perkembangan kasus tewasnya Brigadir J memasuki babak baru. Irjen Pol Ferdy Sambo akhirnya ditahan malam ini. Sayangnya wartawan setelah kejadian itu tidak bisa mengakses rumah Ferdy Sambo untuk meliput kondisi terkini.

News | 22:39 WIB

erkembangan kasus tewasnya Brigadir J terus berlanjut. Terbaru, Irjen Ferdy Sambo Ditahan malam ini.erkembangan kasus tewasnya Brigadir J terus berlanjut. Terbaru, Irjen Ferdy Sambo Ditahan malam ini.

News | 22:31 WIB

Polri berhasil mengamankan satu orang tersangka di balik aksi pembakaran rumah di Desa Mulyorejo, Jember. Tersangka adalah J, (55) warga Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi yang saat ini sedang diperiksa.

News | 22:19 WIB

kuasa hukum Bharada E Andreas Nahot Silitonga dan rekan belakangan justru mengundurkan diri.

News | 21:30 WIB

Sebanyak 13 partai politik telah resmi mendaftar menjadi calon peserta pemilihan umum tahun 2024 terhitung dari 1 Agustus hingga 6 Agustus 2022.

News | 20:58 WIB
Tampilkan lebih banyak