Keindahan Ranu Kumbolo, Tempat Transit Favorit Pendaki Semeru

Ranu Kumbolo merupakan danau indah air tawar yang berada dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (KTN-BTS). Memiliki Luas 8 Hektare terletak pada ketinggian 2.390 meter di atas permukaan laut. Posisi Ranu Kumbolo berada di antara Ranu Pani dan Gunung Semeru.

Khoirul Muzaki
Minggu, 22 Mei 2022 | 18:59 WIB
Keindahan Ranu Kumbolo, Tempat Transit Favorit Pendaki Semeru
pegipegi.com

SUARAPURWOKERTO.ID, Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dan memiliki banyak objek wisata untuk dikunjungi. Satu satunya adalah Ranu Kumbolo, sebagai tempat transit favorit para pendaki.

Ranu Kumbolo merupakan danau indah air tawar yang berada dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (KTN-BTS). Memiliki Luas 8 Hektare terletak pada ketinggian 2.390 meter di atas permukaan laut. Posisi Ranu Kumbolo bearada di antara Ranu Pani dan Gunung Semeru.

Secara historis geologis, Ranu Kumbolo terbentuk dari massive kawah Gunung Jambangan yang telah memadat sehingga air yang tertampung tidak dapat  mengalir ke bawah secara gravitasi. Karena keindahannya, Ranu Kumbolo saat ini merupakan salah satu  obyek wisata yang menarik dan banyak dikunjungi wisatawan.

Memiliki air danau atau telaga yang jernih dan berada diketinggian yang cukup lapang, Ranu Kumbolo menjadi lokasi pemberhentian bagi para pendaki Gunung Semeru, sambil beristirahat biasanya mereka membangun tenda di sekitar danau.

Di sisi Barat danau, terdapat prasasti kuno. berbentuk batu andesit. Prasasti ini bertuliskan sebuah kalimat berbahasa Jawa Kuno bertarikh 1447 Masehi. Diduga prasasti tersebut adalah peninggalan Kerajaan Majapahit, sayangnya belum ada penelitian khusus tentang hal ini, sehingga belum bisa dipastikan riwayatnya.

Bagi Anda yang akan melakukan pendakian ke gunung Semeru, atau sekedar melihat keindahan Ranu Kumbolo, tidak perlu khawatir dengan fasilitas selama Anda transit. Pengelola sudah menyiapkan area transit dan beristirahat sementara di seputaran Ranu Kumbolo.

Tersedia  berbagai  fasilitas yang akan dapat membantu kenyamanan para pendaki. Di sana terdapat pondok pendaki seluas 70 meter persegi, yang dapat digunakan untuk beristirahat atau sekedar berteduh bila cuaca kurang mendukung.

Di tempat yang sama tersedia pula fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK). Hamparan tanah yang lapang disekitar pondok istirahat dan MCK biasanya digunakan oleh para pendaki untuk membangun tenda.

Khusus di perairan danau, Anda  dapat menyaksikan kehidupan satwa migran burung belibis. Bagi para pengamat lingkungan, Ranu Kumbolo sebetulnya merupakan laboratorium alam yang cocok bagi kegiatan penelitian dan observasi lapangan yang sarat dengan kandungan ilmu pengetahuan. (Arif Kusuma)

Lifestyle

Terkini

Tampak dukun itu meletakkan foto Pesulap Merah di atas tumpukan kembang bewarna merah dan putih (sesajen). Di sekitarnya juga penuh barang-barang perdukunan, yakni jimat, batu akik, keris, dan dupa.

News | 15:00 WIB

Pemkab Cilacap memamerkan sejumlah tosan aji atau pusaka tradisional dalam Jelajah Budaya dan Pameran Kepurbakalaan Tahun 2022 di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Sabtu 6 Agustus 2022 hingga Minggu 7 Agustus 2022. Tosan aji yang dipamerkan berupa keris dan mata tombak dari abad pertengahan.

Budaya | 14:09 WIB

Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, diduga korban pembunuhan di rumah Irjen Pol Ferdy Sambo ternyata punya nama panggilan tersendiri bagai temannya. Ini terungkap dalam surat Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, salah satu tersangka, untuk keluarga Brigadir J.

News | 13:42 WIB

Senin, 8 Agustus 2022, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengungkapkan Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR, ajudan istri Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus kematian Brigadir J.

News | 13:31 WIB

Seorang pengendara sepeda motor menjadi korban tabrak lari di Jl Raya Purbalingga-Banjarnegara depan Perumahan Puri Majasari, Senin, 8 Agustus 2022 pukul 04.30 WIB.

News | 11:23 WIB

Setelah mantan Kadiv Propam Ferdi Sambo dimasukan ke dalam ruang khusus di Mako Brimob, pada Sabtu lalu (6/8), satu persatu fakta kembali muncul. Yang mana dugaan persekongkolan untuk merusak tempat kejadian perkara (TKP) kembali menyeruak.

News | 10:47 WIB

Festival Film Purbalingga (FFP) yang ke-16 resmi dibuka di pelataran Monumen Tempat Lahir (MTL) Panglima Besar Jenderal Soedirman Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Sabtu malam 6 Agustus 2022.

Budaya | 10:41 WIB

Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi gagal menjenguk suaminya di Markas Korps Brimob Polri, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Minggu (7/8/2022).Tangisnya pecah saat memberikan keterangan kepada awak media usai gagal menemui suaminya.

News | 10:00 WIB

Dari balik tahanan, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menuliskan sebuah surat yang ditujukan untuk keluarga Brigadir J, korban tewas dalam insiden berdarah di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo.

News | 09:19 WIB

ia mengakui kliennya terlihat mengalami tekanan kejiwaan. Ia seperti menanggung beban mental yang berat. Karena itu, agar bisa berkomunikasi lebih terbuka, pihaknya berusaha membuat tenang dulu Bharada E dan membuatnya senyaman mungkin.

News | 08:03 WIB

Tim gabungan terus melakukan upaya pencarian orang hilang pascabanjir yang melanda Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, pada terdapat empat orang masih dinyatakan hilang.

News | 08:01 WIB

Menjamu Brighton & Hove Albion pada pekan perdana Liga Premier Inggris musim 2022/23, Manchester United (MU) dikandaskan 2-1 di kandang sendiri, Old Trafford pada Minggu malam WIB.

Sport | 07:55 WIB

Pemain baru Manchester City, Erling Haaland memborong dua gol Manchester City saat menggilas West Ham United 2-0 di London Stadium, London saat mengawali Liga Premier Inggris musim 2022/23 pada Senin dini hari WIB.

Sport | 07:42 WIB

tersangka Bharada E justru mengaku tidak mengetahui adanya peristiwa pelecehan seksual terhadap majikannya itu.

News | 07:29 WIB

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob. Setelah kejadian itu, Putri Candrawathi, istri Sambo sempat menyambangi Markas Korps Brimob di Delapa Dua Depok, Jawa Barat, Minggu (7/8/2022) malam.

News | 22:17 WIB
Tampilkan lebih banyak