11 Anggota AJI Jalani Uji Kompetensi Jurnalis di Semarang

Sebanyak 11 anggota Aliansi Jurnalis Independen menggelar uji kompetensi jurnalis yang diselenggarakan Dewan Pers, Jumat hingga Sabtu (20-21/5/2022).

Rudal Afgani Dirgantara
Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:03 WIB
11 Anggota AJI Jalani Uji Kompetensi Jurnalis di Semarang
afgan

SUARAPURWOKERTO.ID - Sebanyak 11 anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menjalani uji kompetensi jurnalis di Semarang, Jawa Tengah, Jumat hingga Sabtu (20-21/5/2022). Uji kompetensi diselenggarakan atas dukungan Dewan Pers dengan dewan penguji dari tiga lembaga, PWI, AJI, dan LSPR.

Koordinator penguji AJI, Hasudungan Sirait, mengatakan, pada uji kompetisi kali ini AJI menggunakan sistem hybrid. Uji kompetensi diselenggarakan memanfaatkan teknologi digital, separuh daring dan separuh luring.

"Sebenarnya AJI sudah mampu secara online pure, tapi Dewan Pers hanya memberi toleransi hanya sebatas hybrid," kata Bang Has, sapaan akrab Hasudungan.

Meski demikian, ia yakin ke depan uji kompetensi akan menggunakan sistem online. Peserta dan penguji tak lagi perlu bersemuka di satu tempat, sehingga lebih efisien.

"Saya yakin uji kompetensi berbasis online adalah keniscayaan," tuturnya.

Bang Has mengungkapkan kegembiraanya bisa berkolaborasi dengan lembaga penguji lain. Menurutnya, hari ini memang eranya kolaborasi bukan lagi kompetisi.

Agung Darmajaya, Anggota Dewan Pers yang hadir mengatakan uji kompetensi sangat penting bagi jurnalis. Jurnalis memiliki tanggung jawab sosial yang besar sehingga penting memastikan kompetensi jurnalis.

Satu di antara alat ukur kompetensi ialah uji kompetensi jurnalis. Karena itu, jurnalis perlu mengikuti uji kompetensi.

"Mungkin semua bisa jadi jurnalis karena jurnalis profesi yang terbuka, tapi apakah dia kompeten? Karena kompetensi sangat penting," kata dia.

Total ada 11 anggota AJI yang ikut uji kompetensi. Empat di antaranya jenjang muda, tiga madya dan empat jenjang utama.

News

Terkini

hatsApp sedang membangun cara baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan aplikasi.

Lifestyle | 11:39 WIB

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB

Kemarin ada 25 personel yang kami periksa, dan saat ini bertambah menjadi 31 personel.

News | 11:33 WIB
Tampilkan lebih banyak