Jalur Mudik Paling Ekstrem ada di Sumatera, Berani?

Namun di balik keeksotisannya, air terjun cantik itu bisa berubah menyeramkan ketika banjir. Pemandangan air terjun yang meluap itu membuat nyali setiap pengendara ciut untuk melintas

Khoirul Muzaki
Kamis, 05 Mei 2022 | 20:44 WIB
Jalur Mudik Paling Ekstrem ada di Sumatera, Berani?
Istimewa

SUARAPURWOKERTO. ID, Mudik melalui jalan bebas hambatan (tol) sudah biasa. Tapi bagaimana jika perjalanan mudik anda harus melalui jalur yang ekstrem? Tentu hati yang riang karena terbayang kampung halaman berubah mencekam. 


Jalur mudik ekstrem  viral di media sosial. Dalam video itu, tempak kendaraan melintasi jalan menikung di kaki pegunungan. 


Sementara di atas jalan terdapat air terjun berarus deras dengan suara gemuruhnya yang keras. 


Pemandangan itu tampak mengerikan karena kondisi arus sedang tidak normal (banjir). Air terjun dengan debit besar dan keruh itu pun seperti akan tumpah ke jalan raya di bawahnya. Maklum, jarak air terjun dengan jalan hanya beberapa meter. 


Pengendara harus melambatkan laju kendaraannya dan terlihat ragu akan meneruskan perjalanan atau berhenti. 
Sejumlah pengendara memutuskan nekat tetap melintas dengan laju pelan, meski bahaya mengancam. 


Diketahui, air terjun yang meluap itu adalah Air Terjun Lembah Anai, yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat


Air terjun setinggi sekitar 35 meter itu berada persis di pinggir Jalan Raya Padang-Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang. 


Ini lah yang spesial dari air terjun ini. Dalam kondisi debit air normal, Air Terjun Lembah Anai itu terlihat mengagumkan. 


Terlebih keberadaanya di tepi jalan yang membuat setiap pengendara ingin berhenti.  Suasana alam di tempat itu juga masih asri dengan hawa sejuk pegunungan. 


Namun di balik keeksotisannya, air terjun cantik itu bisa berubah menyeramkan ketika banjir. Pemandangan air terjun yang meluap itu membuat nyali setiap pengendara ciut untuk melintas. 


Dalam kondisi seperti itu, pengendara harus hati-hati ketika ingin melintas dengan mengutamakan keselamatan. 

News

Terkini

Komedian Dodit Mulyanto mengeluarkan lagu terbaru berjudul Sehidup Semati Sama Kamu. Lagu tersebut diciptalan oleh CongQ, Mas Bruno dan Dodit Mulyanto

Lifestyle | 10:53 WIB

Tampang artis Napoleon Bonaparte menunjukkan ia pernah menjadi idola di eranya dulu

Lifestyle | 09:05 WIB

Kantor hukum Hotman Paris Hutapea selaku kuasa hukum Alfamart melaporkan kasus pencurian cokelat dan intimidasi karyawan Alfamart ke Polres Tangerang Selatan, Senin malam 16 Agustus 2022. Kapolres memediasi antara pelapor dengan terlapor. Maka kasus inipun berakhir dengan maaf-memaafkan.

News | 08:06 WIB

SNSD atau yang biasa dikenal dengan Girls Generation baru-baru ini merayakan debut mereka yang ke-15 tahun.

Lifestyle | 21:26 WIB

Pengacara Keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menyebut hubungan antara Brigadir J dan istri Irjen Pol Ferdy Sambo yang berinisial PC saat di Magelang, Jawa Tengah baik-baik saja

News | 21:07 WIB

Jenderal TNI Andika Perkasa terus menggelar Rapat Internal Hukum TNI secara rutin, hal itu untuk mengawal dan membahas kasus tindakan hukum yang melibatkan anggota TNI

News | 21:03 WIB

ancaman ke istrinya itu datang bukan dari orang atau pihak yang merasak dirugikan atas laporannya. Ia menyebut ancaman itu adalah pemberitaan media massa.

News | 20:55 WIB

sejumlah pemuda Bandung pada 77 tahun silam berjuang untuk menyiarkan kabar kemerdekaan Indonesia melalui radio.

News | 20:08 WIB

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) akhirnya menolak permohonan perlindungan dari Putri Candrawathi, istri Irjen Pol Ferdy Sambo. Ketua LPSK Hasto Atmojo mengatakan, permohonan PC diajukan pada 14 Juli lalu dengan ditandatangani PC sendiri serta kuasa hukumnya.

News | 18:58 WIB

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga (ITBMP) menggelar Semarak Milad ke-1 sekaligus Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia.

News | 18:39 WIB

Menaggapi peristiwa pengambilan cokelat yang viral di media sosial, Alfamart mengeluarkan pernyataan resmi. Satu di antara poin pernyataan itu ialah membenarkan satu dari 140 ribu karyawannya diancam UU ITE setelah merekam aksi tangkap tangan konsumen mencuri cokelat.

News | 18:01 WIB

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menjenguk orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang telah melahirkan di RSUD Tugurejo, Semarang, Senin (15/8/2022). Tak hanya menengok, Wagub juga memberikan nama yang diharapkan mendatangkan hidayah bagi pasien.

News | 16:59 WIB

Kejaksaan Agung bakal menahan tersangka kasus korupsi penguasaan lahan sawit dan pencucian uang dengan kerugian negara sebesar Rp78 triliun, Surya Darmadi. Surya akan ditahan selama 20 hari kedepan.

News | 16:49 WIB

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengabulkan permohonan Bharada E sebagai justice collaborator (JC), Senin 15 Agustus 2022.

News | 15:56 WIB

Viral di media sosial video seorang perempuan yang mengendarai mobil mewah diduga mencuri cokelat dari toko modern Alfamart Sampora Tangerang Selatan, Sabtu 13 Agustus 2022.

News | 15:12 WIB
Tampilkan lebih banyak