Zakat Fitrah Pakai Beras apa Uang? Alasan UAS Pilih Zakat Pakai Beras

Secara pribadi, UAS mengaku tidak pernah zakat fitrah menggunakan duit. Sejak pulang dari Maroko pada 2008 sampai 2017, ia selalu membayar zakat fitrah menggunakan beras

Khoirul Muzaki
Minggu, 01 Mei 2022 | 09:45 WIB
Zakat Fitrah Pakai Beras apa Uang? Alasan UAS Pilih Zakat Pakai Beras
ustadz Abdul Somad official (IG)

SUARAPURWOKERTO. ID, Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap muslim dan muslimah yang dilakukan di Bulan Ramadan hingga menjelang Salat Idul Fitri. 


Umumnya masyarakat muslim di Indonesia, zakat fitrah biasa dibayarkan tunai baik dengan makanan pokok atau beras maupun dalam bentuk uang.  Zakat fitrah menggunakan uang pun sudah umum di kalangan umat muslim di Indonesia. 


Meskipun masih ada perdebatan mengenai zakat fitrah menggunakan uang maupun mengenai besarannya. 


Ustaz Abdul Somad (UAS) pernah menyinggung soal ini saat ditanya jamaah dalam sebuah sesi pengajian yang disiarkan di channel Youtube. 


Secara pribadi, UAS mengaku tidak pernah zakat fitrah menggunakan duit. Sejak pulang dari Maroko pada 2008 sampai 2017, ia selalu membayar zakat fitrah menggunakan  beras. 


"Saya selalu bayar pakai beras. Belanjanya di tempat orang Islam," katanya


Untuk besaran zakat yang dikeluarkan, UAS memilih menggunakan standar 3 kilogram beras. Ini mengacu besaran zakat fitrah 1 sha' yang sama dengan 4 mud.  1 mud  sama dengan 7,5 ons. Sehingga jika dikonversikan ke beras menjadi 3 kilogram. 


Namun UAS enggan menyalahkan umat Islam yang membayar zakat fitrah dengan patokan 2,5 kilogram beras. 


Hanya bagi UAS, jika zakat fitrah yang dibayarkannya ternyata lebih dari ukuran syar'i, itu lebih baik karena kelebihannya dihitung sedekah. 


Dari pada membayar zakat fitrah dengan mengacu standar ukuran minimal namun ternyata kurang. Karena zakat fitrah adalah wajib hukumnya. 


"Andai lebih hitung sodaqoh. Andai kurang nauzubillah, " katanya


UAS pun tidak menyalahkan umat Islam yang memilih berzakat fitrah menggunakan uang. 


"Yang tidak betul itu dari rumah bawa duit, beli beras di masjid, "katanya

News

Terkini

Antonio Conte dan Thomas Tuchel terlibat perkelahian usai laga derbi London antara Chelsea vs Tottenham Hotspur di Stanford Bridge Stadium, Minggu 14 Agustus 2022. Akibat keributan ini, kedua pelatih dusir keluar lapangan setelah mendapat kartu merah dari wasit.

Sport | 11:33 WIB

Penyanyi asal Indonesia, Monica Nike Adiba menjadi juara pertama Karaoke World Championship (KWC) 2022 yang diselenggarakan di Arnes, Norwegia pada 813 Agustus 2022.

Lifestyle | 10:33 WIB

Di tengah gempuran pandemi Covid 19, sektor pertanian Indonesia terbukti tangguh da bisa bertahan menopang kebutuhan masyarakat yang terancam krisis. Bukan hanya itu, Indonesia bahkan berhasil swasembada beras di tengah masa sulit pandemi. I

News | 06:50 WIB

Dalam acara wisuda itu, tampak wisudawati beragama Hindu, Ni Ketut Mayoni. Ia berhasil meraih gelar magister pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

News | 22:21 WIB

Ketua Harian Kompolnas Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto mengaku terjebak pada skenario palsu peristiwa penembakan Brigadir Yoshua (J) di rumah Irjen Pol Ferdy Sambo.

News | 22:06 WIB

SU, warga Desa Kebunromo Kecamatan Ngrampal dinyatakan hilang usai meloncat dari atas jembatan Sapen Sungai Bengawan Solo Desa Kedungupit Kecamatan Sragen, Sabtu (14/8/2022).

News | 21:18 WIB

sebuah mobil karnaval terbakar di acara Jakarnaval yang diselenggarakan di Jakarta International E-prix Circuit atau JIEC Ancol, Jakarta Utara.

News | 20:50 WIB

Saat ini pihak Kepolisian Sektor Sawah Besar tengah mengusut kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh seorang oknum guru terhadap siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Jakarta Pusat.

News | 20:39 WIB

PURWOKERTO.SUARA.COM- Tepat pada 10 Agustus 2022, Bharada E atau Bharada Eliezer tersangka kasus penembakan Brigadir J mengganti kuasa hukumnya, Deolipa Yumara.

News | 19:44 WIB

Kabar gembira bagi penggemar komik serial One Piece. Manga ciptaan Eiichiro Oda tersebut berhasil pecahkan rekor dunia Guinness.

Lifestyle | 19:15 WIB

Indonesia mendapatkan kado besar bagi HUT ke-77 Republik Indonesia, setelah International Rice Research Institute (IRRI) memberi penghargaan atas pencapaian Indonesia dalam swasembada beras dan meningkatkan sistem ketahanan pangan nasional.

News | 19:11 WIB

Fenomena cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan lebat dan disertai angin kencang menerjang tiga kecamatan di Kota Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (13/8) pukul 15.30 WIB.

News | 19:00 WIB

Proses pembangunan Masjid MBZ (Muhammad Bin Zayed) di Solo diharap selasai tepat waktu. Saat ini pembangunan berjalan sudah berjalan sekitar 70 persen.

News | 15:07 WIB

Lalu bagimana sejarah Hari Pramuka hingga saat ini menjadi salah satu ekstrakulikuler wajib di Indonesia?

Lifestyle | 13:44 WIB

Cara untuk menghilangkan komedo di hidung

Lifestyle | 11:38 WIB
Tampilkan lebih banyak