Butuh Rp 800 Miliar untuk Bangun Jalan di Kebumen, Tapi Baru akan Terealisasi Rp 50,2 Miliar

setidaknya ada 14 paket pekerjaan jalan yang akan dikerjakan dalam waktu dekat di Kebumen. Nilai kontraknya sebesar Rp 50.280.162.000,00 atau sekitar Rp 50,2 miliar lebih.

Khoirul Muzaki
Jum'at, 29 April 2022 | 04:15 WIB
Butuh Rp 800 Miliar untuk Bangun Jalan di Kebumen, Tapi Baru akan Terealisasi Rp 50,2 Miliar
Humas Setda Kebumen

SUARAPURWOKERTO. ID, KEBUMEN-Pemerintan Kabupaten Kebumen melalui PPKom Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melakukan penandatanganan kontrak bersama paket pekerjaan pembangunan dan pemeliharaan jalan dengan pihak kontraktor atau pengembang, untuk tahun anggaran 2022.

Penandatanganan kerjasama itu berlangsung di Pendopo Kabumian, Kamis (28/4/2022) disaksikan secara langsung oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto


Bupati mengatakan, dalam penandatanganan kerjasama ini, setidaknya ada 14 paket pekerjaan jalan yang akan dikerjakan dalam waktu dekat. Nilai kontraknya sebesar Rp 50.280.162.000,00 atau sekitar Rp 50,2 miliar lebih. 


"Alhamdulillah hari ini kami dengan penyedian jasa telah menandatangani kegiatan perbaikan jalan, yakni sebesar Rp 50,2 miliar, untuk 14 paket pekerjaan," ujarnya


Bupati menegaskan, penandatanganan kontrak bersama ini sekaligus komitmen pemerintah untuk meralisasikan program Jamu Seger (Jalan Mulus Ekonomi Bergerak). 


Namun karena keterbatasan anggaran, pembangunan atau perbaikan jalan harus dilakukan bertahap tiap tahunnya.


"Kebumen ini cukup luas, kalau semua jalan kita perbaiki maka kita butuh anggaran Rp 800 miliar, hampir Rp 1 triliun. Kita tidak punya anggarannya, karena itu pembangunan dilakukan secara bertahap atau multi years," terang Bupati.


Selain itu, Bupati juga memastikan, proses pekerjaan jalan ini berlangsung secara transparan dan akuntabel. Semua sudah melalui tahap selesai yang ketat, sesuai aturan dan pengawasan dari Inspektorat. Pihaknya menjamin tidak ada upaya dari Bupati untuk memenangkan lelang proyek dari perusahaan tertentu.


Ia menegaskan tidak mengenal dengan para penyedia jasa. Sistem lelangnya juga berjalan terbuka. Websitenya bisa diakses oleh siapapun. Masyarakat bisa mengawasinya. 


"Sekarang tidak ada lagi pemberian Memo dari Bupati, tidak ada lagi yang namanya bawa proposal ke Bupati, tidak ada itu rekomendasi. Bahkan penyedia jasa tidak perlu lagi bertemu dengan saya. Jadi ini clear, sangat transparan, tidak ada sepeserpun saya mengambil keuntungan dari proyek ini," tandasnya


Bupati hanya mengingatkan kepada kontraktor untuk bisa mengerjakan pekerjaan ini sesuai ketentuan dan target yang ditentukan.  Jangan sampai kualitas bahannya dikurangi. 


"Jangan sampai panjang dan ketebalan aspal ini dikurangi, atau bahan tidak sesuai dengan kualitas yang ditentukan, karena akan berurusan dengan penegak hukum," tandasnya.


Ia juga meminta agar proyek pekerjaan jalan ini harus menggunakan tenaga lokal, dan 40 persen harus menggunakan bahan dari lokal. 

News

Terkini

Persis Solo akhirnya memutus rantai kekalahan di awal musim kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 usai menang 1-0 atas tuan rumah Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (19/8/2022) sore.

Sport | 21:15 WIB

Kang Seung Yoon member dari boy grup Winner tertangkap kamera tengah bergandeng tangan bersama artis Moon Ji hyo di jalanan Kota Seoul

Lifestyle | 20:21 WIB

Manajemen Persib Bandung menunjuk Luis Milla sebagai pelatih menggantikan Robert Rene, pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Sport | 20:16 WIB

Girl Grup terbaik saat ini BlackPink melakukan comeback dengan merilis 2nd full-length album yang bertajuk Born Pink. Comeback BlackPink kali ini akan menjadi comeback pertama kalinya sebagai grup setelah How You Like That pada 2020 lalu.

Lifestyle | 20:16 WIB

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur mayoritas Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (18/8) pukul 01.00 WIB dini hari. Hujan deras tersebut menyebabkan terjadinya banjir di beberapa wilayah.

News | 16:40 WIB

Bank Indonesia (BI) mengadakan Festival Rupiah Berdaulat Bank Indonesia (FERBI) 2022 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada 19-21 Agustus 2022.

News | 16:37 WIB

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Purwokerto mulai melayani penukaran uang baru emisi 2022 di Alun-alun Purwokerto, Jumat 19 Agustus 2022.

News | 16:28 WIB

Penyidik Bareskrim Polri bakal menyerahkan berkas perkara 4 tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yoshua hari ini, Jumat (19/8/2022). Empat tersangka itu meliputi, Irjen Pol Ferdy Sambo, Bharada RE, Bripka RR, dan KM.

News | 16:20 WIB

Penyidik Timsus Polri menetapkan enam tersangka baru kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Brigadir Yosua. Mereka antara lain para perwira Polri yang diduga terlibat dalam upaya menghalangi penyidikan.

News | 15:50 WIB

Penyidik Timsus Polri menyerahkan berkas perkara empat tersangka pembunuhan berencana Brigadir J ke Kejaksaan Agung pada Jumat, 19 Agustus 2022. Pelimpahan tahap pertama ini dilakukan usai konferensi pers pengumuman tersangka baru kasus Brigadir J, yaitu Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo.

News | 15:33 WIB

Mohon maaf sebesar-besarnya karena kekurang-tidaktahuan saya, ketidakpahaman saya, di balik nama Joko Tingkir sosok ulama besar dan dihormati di Jawa.

News | 15:19 WIB

Timsus Polri menetapkan Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo, sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua, Jumat 19 Agustus 2022.

News | 15:02 WIB

Joko Tingkir merupakan Raja atau Sultan Kesultanan Pajang yang memiliki nama lain Sultan Hadiwijawa atau Mas Karebet. Jika ditilik leluhur dari Presiden Jokowi, ternyata sangat berkaitan dengan peperangan dan kekalahan Kesultanan Pajang saat Joko Tingkir berkuasa.

News | 13:56 WIB

Saat ini Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, sedang dipersiapkan untuk melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi umroh pada November 2022.

News | 12:16 WIB

Menko Polhukam RI, Mahfud MD beberapa waktu lalu membeberkan informasi yang menggemparkan. Menurutnya, ada sekelompok orang yang ingin menghambat proses penyelidikan terkait dengan kasus pembunuhan Brigadir J

News | 11:51 WIB
Tampilkan lebih banyak