SOP Polisi Menggunakan Senjata Api, Tidak Boleh Dipakai saat Pengamanan Demo

Kapolres Wonosobo mengecek kondisi senjata organik Polri pada Selasa (26/4/2022).Pemeriksaan dan pengecekan senpi dinas yang dipegang oleh personel Polres Wonosobo tersebut secara teknis dilaksanakan oleh Seksi Propam dan dipantau langsung oleh Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi

Khoirul Muzaki
Kamis, 28 April 2022 | 04:27 WIB
SOP Polisi Menggunakan Senjata Api, Tidak Boleh Dipakai saat Pengamanan Demo
Polres Wonosobo

SUARAPURWOKERTO. ID, WONOSOBO-Sebagai upaya kesiapsiagaan anggota, Kapolres Wonosobo mengecek kondisi senjata organik Polri pada Selasa (26/4/2022).


Pemeriksaan dan pengecekan senpi dinas yang dipegang oleh personel Polres Wonosobo tersebut secara teknis dilaksanakan oleh Seksi Propam dan dipantau langsung oleh Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi. 


AKBP Ganang menjelaskan, pemeriksaan dan pengecekan senpi merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala.


“Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kelengkapan surat senjata, kelayakan senjata, kebersihan senjata, dan amunisinya,” ujarnya.


Kapolres menambahkan, kegiatan ini untuk memastikan senjata api dinas yang dipegang anggota tetap dalam keadaan terawat dan tidak disalahgunakan.


Senjata api dinas yang dipegang anggota Polri, lanjut dia, berfungsi untuk melindungi masyarakat ketika anggota menjalankan tugas menjaga kamtibmas. 


Selain mempedomani peraturan yang berlaku dalam menggunakan senpi dinas, Kapolres menekankan masing-masing anggota harus bertanggung jawab atas pemeliharaan kondisi senpi.


"Pemegang senpi harus sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. Termasuk dalam pengamanan unjuk rasa, penggunaan senpi tidak diperbolehkan. Jadi hal ini perlu dipedomani seluruh personel," tandasnya.

News

Terkini

Pemerintah pusat mengalokasikan dana transfer ke daerah mencapai Rp 811, 7 T di tahun 2023

Lifestyle | 22:08 WIB

Konsumsi makanan bernutrisi dalam jangka panjang dapat membantu mengurangi kram menstruasi.

Lifestyle | 19:54 WIB

YouTube telah merilis fitur terbaru yaitu monetisasi Super Chat dan Super Stickers di Indonesia

Lifestyle | 19:36 WIB

Orang tua perlu mengenal, memahami, dan melakukan pola asuh di era digital atau digital parenting.

Lifestyle | 19:28 WIB

Murid SD N 2 Ciarus, Desa Randegan, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas terpaksa harus belajar di luar ruangan karena kondisi bangunan yang sudah hampir roboh.

News | 15:01 WIB

Komedian Dodit Mulyanto mengeluarkan lagu terbaru berjudul Sehidup Semati Sama Kamu. Lagu tersebut diciptalan oleh CongQ, Mas Bruno dan Dodit Mulyanto

Lifestyle | 10:53 WIB

Kasat Resnarkoba Polres Karawang AKP ENM ditangkap Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipidnarkoba) Bareskrim Polri karena kasus peredaran narkoba.

News | 10:46 WIB

Ferdy Sambo dan keluarganya tampak beraktivitas di sebuah gereja bersama seorang pendeta dengan wajah ceria. Keluarga itu tampak sederhana, baik sikap maupun penampilannya.

News | 09:40 WIB

Tampang artis Napoleon Bonaparte menunjukkan ia pernah menjadi idola di eranya dulu

Lifestyle | 09:05 WIB

Untuk diketahui, LPSK akhirnya menolak permohonan perlindungan dari Putri Candrawathi, istri Irjen Pol Ferdy Sambo. Penolakan permohonan itu berdasarkan berbagai pertimbangan.

News | 08:52 WIB

Kantor hukum Hotman Paris Hutapea selaku kuasa hukum Alfamart melaporkan kasus pencurian cokelat dan intimidasi karyawan Alfamart ke Polres Tangerang Selatan, Senin malam 16 Agustus 2022.

News | 08:21 WIB

Kantor hukum Hotman Paris Hutapea selaku kuasa hukum Alfamart melaporkan kasus pencurian cokelat dan intimidasi karyawan Alfamart ke Polres Tangerang Selatan, Senin malam 16 Agustus 2022. Kapolres memediasi antara pelapor dengan terlapor. Maka kasus inipun berakhir dengan maaf-memaafkan.

News | 08:06 WIB

SNSD atau yang biasa dikenal dengan Girls Generation baru-baru ini merayakan debut mereka yang ke-15 tahun.

Lifestyle | 21:26 WIB

Pengacara Keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menyebut hubungan antara Brigadir J dan istri Irjen Pol Ferdy Sambo yang berinisial PC saat di Magelang, Jawa Tengah baik-baik saja

News | 21:07 WIB

Jenderal TNI Andika Perkasa terus menggelar Rapat Internal Hukum TNI secara rutin, hal itu untuk mengawal dan membahas kasus tindakan hukum yang melibatkan anggota TNI

News | 21:03 WIB
Tampilkan lebih banyak