Sambut Libur Lebaran, Pemkab Purbalingga Wanti-wanti Pengelola Wisata Jangan Ada Pungli dan Kenaikan Harga Tak Wajar

Sektor wisata Purbalingga mempersiapkan diri sejak dini untuk menyambut libur Lebaran karena pemudik sudah haus berwisata setelah dua tahun dilarang mudik.

Rudal Afgani Dirgantara
Sabtu, 23 April 2022 | 10:45 WIB
Sambut Libur Lebaran, Pemkab Purbalingga Wanti-wanti Pengelola Wisata Jangan Ada Pungli dan Kenaikan Harga Tak Wajar
istimewa

SUARA.COM, PURBALINGGA – Pengelola wisata Purbalinga  bersiap menyambut libur Lebaran yang diprediksi akan berdampak terhadap lonjakan kunjungan wisatawan. Persiapan pada pengelolaan daya tarik wisata agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan wisatawan. 

Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyampaikan ada sekitar 23 juta pemudik yang akan memasuki Jawa Tengah pada musim lebaran tahun ini, termasuk Purbalingga. 

Darip pemudik sebanyak itu diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisata Purbalingga pada 2022 ini yang ditargetkan sebanyak 1.850.000 ribu orang. Dari target itu, sebanyak 562.843 wisatawan sudah berkunjung ke Purbalingga hingga triwulan I 2022.

“Sektor wisata harus mempersiapkan diri sejak dini untuk menyambutnya karena pemudik sudah haus berwisata setelah dua tahun dibatasi dan sekarang ada kelonggaran,” ujar Kadinporapar Purbalingga, Prayitno dalam Silaturahmi Insan Wisata Purbalingga di Ruang Andrawina, Kompleks Owabong, Jumat (22/4/2022).

Antisipasi Dampak Negatif Gelombang Wisatawan

Prayitno menyatakan pentingnya menerapkan Sapta Pesona demi kepuasan konsumen. Selain itu, pengelola wisata juga harus mengantisipasi pandemi covid-19 yang belum menjadi endemi. 

“Protokol kesehatan tetap harus diterapkan, sarana prokes juga harus disiapkan,” ujarnya.

Pengelola wisata diharapkan menyiapkan pos kesehatan dan pos informasi dengan petugas yang memadai. Kemudian, mempercepat vaksinasi sampai tahap booster terhadap para pegawainya dan terlibat dalam pengelolaan wisata seperti pedagang UMKM, petugas parkir dan lainnya. Selain itu, kondisi wahana juga harus aman untuk keselamatan pengguna. 

“Kami juga menghimbau untuk disiapkan pengaturan antrian dan potensi kerumunan di toilet, parkir, gazebo dan wahana,” ucap Prayitno.

Selanjutnya, Prayitno juga menghimbau pengelola wisata berkoordinasi dengan lintas sektor untuk mengantisipasi ancaman keamanan dan timbulnya kemacetan. Ia juga menyampaikan jangan sampai terjadi pungli dan kenaikan harga tiket, souvenir dan parkir yang tidak wajar dan memberatkan pengunjung.

“Tahun 2022 ini semoga bisa menjadi tahun kebangkitan pariwisata Purbalingga,” tuturnya.

News

Terkini

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB

Tampil memukau sepanjang gelaran piala AFF U-16, Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengungkap proses yang dijalani skuat Garuda Muda mulai dari diantar ke rumah ibadah hingga memajang foto orangtua di ruang ganti.

Sport | 10:01 WIB

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Myanmar pada babak semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, hari ini Rabu, 10 Agustus 2022 pukul 20.00 WIB.

Sport | 09:26 WIB

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menerima putusan Federasi Sepakbola ASEAN atau ASEAN Football Federation (AFF) perihal hasil penyelidikan dugaan kecurangan laga Vietnam vs Thailand pada Piala AFF U-19.

Sport | 08:51 WIB

Idol grup besutan YG Entertainment, Blackpink umumkan jadwal tour dunianya pada Senin malam (8/8) melalui akun media sosial resmi di @blackpinkofficial .

Lifestyle | 22:08 WIB

T Astra Honda Motor (AHM) memasarkan Honda ST125 Dax yang berkarakter ikonik, unik, dan simple dengan sentuhan modern pada teknologi terkini

Lifestyle | 21:54 WIB

Kabareskrim mengungkap peran dari masing-masing tersangka dalam aksi penembakan itu. Bharada RE, disebutnya menembak Brigadir J atas suruhan FS.

News | 21:18 WIB

Bareskrim Polri akhirnya menetakan Irjen Pol Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan terhadap Brigadir J di rumah dinasnya, Selasa (9/8/2022).

News | 20:13 WIB

Selasa petang pukul 6.35 WIB, 9 Agustus 2022, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo umumkan tersangka baru dalam insiden kematian Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Pol. Ferdy Sambo.

News | 19:59 WIB

Bareskrim Polri akhirnya menetakan Irjen Pol Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan terhadap Brigadir J di rumah dinasnya, Selasa (9/8/2022).

News | 19:38 WIB

Sementera di kediaman pribadi Irjen Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan,polisi memasang garis polisi, menyusul kedatangan sejumlah personel Korps Brimob dan Divisi Propam Polri ke lokasi, Selasa (9/8/2022). Maksud kedatangan para personel tersebut ke kediaman Sambo belum diketahui p

News | 17:23 WIB

Pemain asal Indonesia, Witan Sulaeman resmi bergabung dengan klub kasta teratas Liga Slovakia, AS Trencin dengan status bebas transfer. Sebelumnya, ia diputus kontrak oleh klub Polandia Lechia Gdansk.

News | 15:12 WIB

Banjir bandang menghantam ibu kota Korea Selatan, Seoul pada Senin malam (8/8). Banjir terjadi setelah hujan lebat mengujam ibu kota Korsel sejak siang hari waktu setempat.

News | 14:59 WIB

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kembali menegaskan kepada Polri untuk pengusutan kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J harus sampai tuntas. Sehingga citra dan kepercayaan yang melekat pada Polri tidak rusak di hadapan khalayak publik.

News | 14:49 WIB

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga (ITBMP) memasang target akreditasi institusi dan tiga program studi pada tahun 2023.

News | 11:17 WIB
Tampilkan lebih banyak